Connect with us

Ragam

Gareng dan Petruk Tertangkap Razia Masker di Salatiga

APEKSI.COM – Dua orang pengamen dan penari jalanan yang memerankan diri menjadi tokoh wayang Gareng dan Petruk tertangkap razia masker. Keduanya terjaring Tim Ketertiban Kota di kawasan Alun-alun Pancasila Salatiga saat hendak berangkat mengamen, Senin (24/8/2020).

Agus (Gareng) kedapatan tidak membawa masker, sedangkan Pujiyanto (Petruk) membawa masker tapi tidak dipakai. Keduanya kemudian dihukum membaca surat pernyataan dengan suara lantang dan memilih berjoget diiringi dengan suara musik dangdut.

Atas hasil tersebut, Kasat Pol PP Kota Salatiga, Yayat Nurhayat menjelaskan bahwa razia ini  merupakan bagian dari kegiatan operasi ketertiban kota Non Yustisi terhadap Perwali Nomor 17 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian corona virus desease 2019.

“Dengan seringnya kita mengadakan operasi ini, diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di semua kegiatan,” jelas Yayat.

Hari ini saja kita masih mendapati masyarakat yang tidak memakai masker. Menurutnya hal tersebut harus selalu kita ingatkan kepada masyarakat untuk ketertiban bersama.

“Ada sebanyak 29 pelanggar yang terjaring operasi. Mereka tertangkap karena kedapatan tidak memakai masker atau lupa bawa masker,” imbuhnya.

Yayat menambahkan bahwa kali ini hukuman yang diberikan kepada  masyarakat belum menerapkan denda seperti yang dijalankan oleh daerah lain. Hukumannya adalah menyanyi lagu kebangsaan, menghafal teks Pancasila, ataupun push up.

“Edukasi tetap kita lakukan, kalau sanksinya kita sesuaikan dengan kondisi dan umur warga yang tertangkap operasi. Membawa masker atau tidak, ” tambah Yayat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2020 Apeksi.com