Connect with us

Ragam

Lagoa Dinobatkan jadi Kampung Sadar Adminduk oleh Dukcapil DKI

Penobatan Kampung Sadar Administrasi Kependudukan KAMSA Lagoa Jakarta Utara

Jakarta – Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakara melalui Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara, menobatkan warga RW 12 Lagoa sebagai wilayah Kampung Sadar Administrasi Kependudukan (KAMSA), Kamis 30 Desember 2021.

Kepala Satuan Pelaksana (kasatpel) Kelurahan Lagoa, Budi Mulyanto mengatakan, Dukcapil DKI terus berupaya memperbaiki data warganya melalui sistem kependudukan, sesuai regulasi/aturan yang telah diterapkan Kementerian Dalam Negeri, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga ejaan nama dan Statusnya.

“Data setiap individu atau setiap orang harus rajin di up date (diperbarui), supaya tidak ada kesesalahan dalam ejaan nama, taggal lahir, maupun statusnya” ujarnya kepada media termasuk apeksi.com.

Peksanaan pembenahan data pribadi tersebut melibatkan warga untuk segera memahami arti penting akurasinya data pribadi bersama keluarga, baik semasa hidup maupun kelak meninggal dunia nanti.

“Karena bila ada kesalahan pada data lantas didiamkan, maka suatu saat ada kebutuhkan nantinya akan susah sendiri dan merepotkan orang lain,” kata Budi, usai memberikan pengarahan kepada warga Rw 12 Jl Muncang Dalam, Lagoa, Kec. Koja, Jakarta Utara.

Aplikasi Alpukat Betawi

Menurutnya, sekarang telah banyak fasilitas kemudahan pelayanan bagi warga atau masyarakat dalam pembuatan maupun perubahan data melalui on line, seperti aplikasi Alpukat Betawi, dan melalui Whatsapp Dukcapil Djawara jika NIK atau nomor KK mengalami kendala, maka warga bisa datang ke Kantor Kelurahan .

“Bila warga terkendala di NIK atau nomor KK (Kartu Keluarga) ketika mengurus di BPJS, perbankan atau instansi lainya, silakan warga menggunakan Whatsapp Djawara yang telah disediakan oleh Dukcapil,” ujarnya.

Budi menambahkan dengan adanya produk Dukcapil berupa KAMSA dan layanan on line ini, warga DKI Jakarta kini tidak perlu repot repot lagi datang ke Kelurahan untuk menunggu pelayanan. Atau bahkan tidak perlu juga menggunakan jasa orang lain (Calo) dalam pengurusan atau pembuatan dokumen atau data pribadi.***




Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending