Connect with us

Foto

SEMA Nomor 1 2020 terbukti Perkecil Disparitas Putusan Hakim

Ketua MA Syarifuddin acara Refleksi akhir tahun 2021

Jakarta – Terkait perbedaan putusan dalam perkara yang sejenis, Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H menegaskan pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran Mahkamah Agung atau SEMA Nomor 1 tahun 2020.

Menurut Syarifuddin SEMA tersebut untuk menjawab pertanyaan masyarakat pencari keadilan terkait dengan Fakta yang sama tapi putusanya berbeda.
Panduan tersebut tidak hanya untuk tindak pidana korupsi tapi berlaku untuk seluruh perkara di pengadilan.

“Ini sama sama kita bikin panduan untuk memudahkan para hakim dilapangan untuk tidak terjadi disparitas yang jauh itu,” ujarnya disela acara refleksi akhir tahun di gedung MA Rabu, 29 Desember 2021.

Ketua MA Syarifuddin menambahkan, dengan adanya SEMA No 1 tahun 2020 tersebut, setidaknya disparitas putusan tidak akan terlalu jauh.
Menurutnya tidak mungkin ada suatu perkara ini yang sama persis, karena masing masing itu mempunyai peran ,serta masing masing berbeda beda, walaupun suatu perkara itu di split tapi tanggung jawabnya juga berbeda beda.

“Nah yang menjadi masalah kita itu kalau yang disparitasnya itu jauh, nah ini yang tidak kita inginkan, nah ini sama sama kita bikin panduan untuk memudahkan para hakim kita dilapangan untuk tidak, terjadi disparitas yang jauh itu,” katanya menjawab pertanyaan media.***

Refleksi Akhir Tahun Mahkamah Agung RI, Rabu 29 Desember 2021


Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Trending